SISTEM WETONAN DALAM PENDIDIKAN FORMAL

Dalam dunia pendidikan di Indonesia perlu adanya suatu terobosan, baik didalam pendidikan formal, non formal, dan informal. Pada pembahasan ini penulis menawarkan suatu sistem wetonan dalam pendidikan formal (SD, SMP, dan SMA).

Sistem pembelajaran wetonan adalah suatu pembelajaran dimana murid senior mengajari yang junior, yang biasa berlaku di pondok pesantren, dan oleh penulis akan di adaptasikan ke dalam pendidikan formal agar keakraban dan saling pengertian antara senior dan junior tercipta dengan baik, yang junior akan lebih menyerap pembelajaran, karena yang menjelaskan pelajaran pola pemahaman hamper sama, dan pergaulan sehari-harinya juga tidak jauh berbeda, sedangkan yang senior dapat mengingat kembali pelajaran yang telah lalu dan dituntut untuk belajar lebih giat dan langsung mempraktekan kepada adik kelasnya, sehingga pelajaran tidak monoton kepada guru.

Pembelajaran ini dapat dilakukan satu pekan satu kali (hari sabtu) karena pada hari-hari lain dapat dilakukan pembelajaran seperti biasa yaitu dilakukan oleh guru. Pembelajaran wetonan juga bisa meminimalisir konflik diantara remaja dan menumbuhkan rasa kasih sayang serta pengertian diantara mereka. Pembelajaran wetonan ini juga dapat diterapkan pada semua mata pelajaran, caranya adalah guru sebagai pemegai otoritas utama dalam proses pembelajaran memberikan soal uraian yang cukup banyak yang disuruh kerjakan kepada siswa dengan meminta bantuan seniornya, dan yang tak kalah penting adalah peranan kepala sekolah dalam mengatur sistem administrasi dan pemrograman, yaitu; kepala sekolah mengatur hari sabtu sebagai proses pembelajaran wetonan dan guru-guru mempersiapkan soal uraian yang akan dikerjakan, dan peranan guru sendiri pada saat pembelajaran hanyalah mengawasi saja.

Proses pembelajaran ini juga akan membantu siswa kelas 3 (tiga) dalam menghadapi Ujian Nasional (UNAS) sehingga tidak perlu mengadakan program intensif belajar (PIB) seperti yang biasa dilakukan, cukup hanya dengan pembelajaran berkelanjutan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: