PERADABAN MODERN

Manusia di dunia sekarang sudah menginjak sebuah masa, di mana batas dan waktu sudah tidak menjadi kendala, kita dapat berjalan mengelilingi dunia hanya dengan satu jam saja lewat pesawat jet atau yang lebih cepat dari itu, kita juga bisa mengakses semua peradaban di dunia hanya dalam sekejap mata hal itu bisa di lakukan di dalam rumah kita. Yang menjadi pertanyaan di sini adalah apakah seperti itu sebuah realisasi peradaban moderen? Hal ini menjadi sebuah pertanyaan yang sangat fundamental di abad 21.

Plato dalam bukunya mengatakan bahwa; dunia masa lalu adalah sebuah dunia yang menjanjikan dimana para penghuninya di akui sebagai manusia, mereka hidup berdampingan dengan toleransi yang tinggi, dan sebuah peradaban fisik yang sangat moderen. tempat itu berada di sebuah kota yang bernama Atlantis, namun sungguh di luar dugaan dalam sekejap mata kota itu hilang dan hancur oleh tsunami dan letusan gunung berapi sehingga peradaban dan budaya yang sangat kaya itu hancur seketika, sehingga manusia memulai peradabannya yang baru kembali yang di mulai dari nol. Perkataan plato itu adalah suatu realitas yang terjadi pada masa lalu, para ilmuan sampai sekarang masih mencari peradaban yang hilang itu mulai dari Hitler (pendiri NAZI) sampai amerika moderen, namun kota itu tidak di temukan.

Dan bukan suatu kemustahilan peradaban yang kita bangun sekarang juga akan hilang tampa bekas, karena menurut enstein (penemu teori relativitas); di dunia ini ada sebuah kekuatan super dahsyat yang akal dan kemampuanku tidak bisa menjangkaunya dia ada di setiap penjuru dan dialah yang mengendalikan semuanya, dan dia akan melakukan sesuatu yang dia kehendaki sesuai dengan hukum yang telah ia tetapkan.

Semua ilmuan baik dari bidang sains, filsafat, maupun agama percaya akan datangnya hari akhir, dimana seluruh peradaban akan hancur. Ilmuan sains mengatakan; apabila kutub utara dan selatan mencair maka air laut akan naik dan seluruh kepulauan akan tenggelam dan itulah ahir zaman dan hal itu sudah terbukti akibat pemanasan global kutub utara sudah mencair dan bahkan sudah ada yag berenang di sana (jawa pos).. ilmuan filsafat dalam hal ini sama dengan ilmuan agama, mereka mengatakan; apabila tingkah laku manusia sudah tidak bisa di kendalikan, maka akan terjadilah suatu ketimpangan dalam pola kehidupan manusia dan hal ini akan berakibat kehancuran di dunia, Nabi Muhammad Saw. bersabda aku di turunkan ke dunia adalah untuk memperbaiki ahklak.

Sesuai dengan sabda Nabi di atas bahwa beliau di lahirkan di dunia hanya untuk memperbaiki ahlak adalah suatu relevansi yang sangat nyata dalam peradaban moderen, kenapa hal itu bisa terjadi? padahal nabi muhaammad di lahirkan 14 abad yang lalu. namun pemikirannya tetap abadi sepanjang masa. Hal ini terbukti bahwa peradaban moderen yang sebenarnya adalah sebuah realisasi dari ahlak yang baik, dan apabila sebuah peradaban tidak di sertai ahlak yang baik maka tiadalah artinya peradaban itu, karena hanya akan memunculkan barbarisme baru, seperti apa yang terjadi di era sekarang. Jadi kalau para manusia dan para mahluk di duni menginginkan peradaban yang sangat maju dalam artian seluruh manusia dan mahluk diakui sebagai sesuatu yang utuh dan berkeadilan berdasarkan nurani, maka junjunglah ahlak yang setinggi-tingginya dan katakan bahwa “aku bisa berahlak yang baik sesuai dengan analisa sains, rasionalisasi filsafat, dan ajaran agama”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: