Kebutuhan Terhadap Agama

A. MA’NA AGAMA

Agama adalah :

- Percaya akan adanya dzat yang ghaib dan agung, dan karenanya manusia bisa merasakan dan berusaha serta punya pemikiran untuk kebaikan manusia.

Menurut Ulama’ Islam :

- agama adalah sebuah ketetapan tuhan yang mengatur manusia yang berakal sehat dengan ikhtiyar mereka menuju kemaslahatan sekarang dan menuai hasil diwaktu mendatang ( Akhirat )

Kebutuhan Manusia kepada Agama

Kebutuhan manusia kepada agama umumnya dan pada islam khususnya bukan hanya kebutuhan sesaat melainkan kebutuhan yang pokok dan mendasar yang berkaitan dengan kebutuhan manusia yan sangat amat mendasar.

B. KEBUTUHAN AKAL UNTUK MENGETAHUI HAKIKAT BESAR

TENTANG PENCIPTAAN

Akal manusia akan berfikir :

- Siapa sang pencipta ?

- dari apa manusia diciptakan ?

- untuk apa manusia diciptakan ?

- Bagaimana manusia setelah diciptakan ?

- Ada apa setelah mati ?

Dari semua pertanyaan tadi AGAMALAH yang sanggup menjawab dengan tepat, Allahlah yang menciptakan manusia dari air mani yang hina untuk beribadah dan seterusnya….!!!

Alangkah ruginya manusia yang hidup tanpa agama sehingga tiada mengerti apa arti hidup.

Kebutuhan Fithrah Kemanusiaan

Manusia diciptakan oleh Allah tidak sama dengan barang elektronik, tetapi didalamnya ada ruh yang mempunyai fithrah kemanusiaan yang bisa dirasakan.

- manusia akan tenang setelah hilangnya goncangan .

- mereka akan aman setelah sirnanya ketakutan.

Dan hanya AGAMALAH yang bisa memenuhi semua kebutuhan rohani itu.

Kebutuhan Manusia Kepada Kesehatan Jiwa Dan Ruh

Kepercayaan kepada Allah mengenai Keadilan dan Rahmat Nya, serta adanya balasan tentang amal yang mereka kerjakan di dunia, itulah yang memberikan ketenangan dan kesehatan jiwa dan ruh.

C. KEBUTUHAN MASYARAKAT KEPADA PARA PEMBANGKIT &

PENGATUR.

Manusia rela mengerjakan perintah Allah serta menjauhi larangan Nya walaupun tanpa ada manusia lain yang mengawasi mereka. Itu semua karena keyakinan mereka akan adanya Allah yang membuat peraturan dengan AGAMA Nya.sehingga mereka bisa hidup dengan baik dengan keyakinan adanya balasan diwaktu mendatang.

Kebutuhan Manusia Kepada Saling Tolong Menolong Dan Berpegang Teguh

Agama mempunyai sebuah perputaran yang besar yang sangat berperan penting dalam -dalam mengikat tali silatur rahmi antar sesama manusia. Dengan sebuah pandangan :

- Semua manusia mempunyai satu tuhan dan satu pencipta yang sama yaitu Allah SWT.

- Semua manusia berasal dari satu keturunan / satu Bapak ( Nabi Adam AS )

Itu semua adalah keutamaan dari AGAMA yang membuat mereka seakidah dan saling bersaudara.

Manusia dengan tabi’atnya butuh kepada PETUNJUK AGAMA dan itu merupakan hidayah ke – 4 yang diberikan Allah kepada manusia setelah

- Panca indra

- perasaan

- dan akal

Akal dalam segala zaman tidak mampu untuk memberi petunjuk tanpa adanya bantuan agama.

Tantangan Bagi Orang Yang Berpaling Dari Agama Dan Jawaban Bagi Mereka

Banyak orang yang tidak beragama tetapi mereka mempunyai tingkatan yang tinggi dalam pemikiran dan adab. Serta mempunyai pekerjaan yang bermanfaat bagi banyak manusia. Sehingga mereka yang tidak beragama berkata : ” seandainya semua manusia bisa seperti dia….!!!

Jawaban :

  1. tidak ada satu negeripun di Bumi ini yang bisa berdiri tanpa asas agama, sekalipun itu negeri para penyembah berhala.
  2. tidak pasti ahli ilmu itu orang yang anti agama, karena dalam faktanya kami tidak pernah menemukan manusia yang mendidik anaknya dengan menentang agama. Bahkan sebetulnya para penentang agama mulanya mereka hidup dan tumbuh dalam lingkup dan didikan agama.

Kesaksian sejarah dan peristiwa

Zaman membuktikan tidak ada seorang pemimpinpun di atas muka bumi yang bisa memberikan pergerakan yang lebih besar kecuali pemimpin yang beragama

Agama Tak Tergantikan

Orang berangan angan kemungkinan lepas dari agama dengan ilmu dan IDIOLOGI yang ada, tetapi pada kenyataannya masih tidak bisa.

D. ILMU BUKAN PENGGANTI AGAMA

Ilmu yang dimaksud bukan ilmu yang menyagkut agama tetapi ilmu barat, karena ilmu itu terbatas luas, kemampuan dan lingkupnya.

Falsafah Bukan Pengganti Agama

Dr. Abdul Halim Mahmud berkata : ” Filsafat itu tidak punya pandangan karena selalu mengemukakan pendapat kemudian menentangnya, mengutarakan fikiran setelah itu ada kebalikannya.

- Puncak filsafat adalah pemikiran belaka tanpa ada manfa’at di balik semua itu.

- Puncak agama adalah pengamalan, jadi setelah mengetahui kewajiban mereka mengerjakan dan setelah mengetahui larangan mereka tinggalkan.

E. APAKAH AGAMA MADATNYA KAUM

Markus berkata : ” Agama adalah candu yang membuat orang terlena dan hilang akalnya, sehingga membiarkan dirinya dalam kesibukan ibadah denga anga – angan kebahagiaan akherat. Serta bisa menghinakan mereka untuk keinginan yang gelap dan melampaui batas.

Padahal agama yang benar tidak sedemikian adanya, agama tidak melemahkan kaum dengan menabaikan dunia untuk kenikmatan akherat. Islam bebas dari sesuatu yang dapat membiarkan ummatnya dari kehinaan dan kesengsaraan.

Mungkinkah islam yang mengajak bangkit dari keterpurukan akhlak dan mengajak kepada kemerdekaan dan menolong yang benar bisa di anggap candu …???

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: